Penyebab Komputer Sering Mati

Kalau komputer sering mati sendiri, itu kenapa ya.?

Banyak hal yang menyebabkan hal ini terjadi. Gw akan mencoba memberikan beberapa sebab.. namun untuk lebih jelasnya, silahkan cek keseluruhan komputer ke toko komputer terdekat atau ke teman yang mengerti komputer.

# Komputer mati tiba² dan tidak dapat hidup kembali sebelum kabel power ke stop kontak dicabut.
Jika ini terjadi, peluang terbesarnya disebabkan oleh power supply yang kurang. Standar power supply saat ini adalah 450Watt, tapi bisa lebih seiring dengan berapa banyak hardware yang anda sambungkan ke power supply.

# Komputer mati tiba² namun masih dapat hidup kembali setelah ditekan tombol power.
Jika hal ini tejadi, ada beberapa sebab yang harus dicek. Pertama adalah suhu processor. Untuk mengeceknya anda harus masuk ke BIOS. Jika suhu terlalu tinggi, artinya kipas anda tidak terpasang sempurna atau heat sink yang sudah teramat sangat kotor.
Kedua adalah RAM. Coba lepas RAM anda, bersihkan kaki²nya dengan karet penghapus lalu pasangkan kembali dengan benar.
Ketiga adalah VGA. Coba lepas VGA anda, bersihkan kaki²nya dengan karet penghapus lalu pasangkan kembali dengan benar.

# Komputer mati tiba² dan mengeluarkan bunyi “niiiiit… niiiit” berulang²
Jika ini terjadi, artinya RAM anda tidak terpasang sempurna, atau kotor. Tapi bisa juga kemungkinan RAM anda rusak atau jebol. Coba lepaskan RAM anda, bersihkan kaki²nya dengan karet penghapus lalu pasangkan kembali dengan benar. Jika tetap demikian, ganti RAM anda dengan yang baru. Karena RAM sekarang memiliki garansi seumur hidup, tukarkan RAM anda dengan yang baru.

# Komputer mati tiba² dan mengeluarkan bunyi “niiiiiiiiiiiiit….” panjang
Jika ini terjadi, coba restart PC anda.. jika monitor masih bisa mengeluarkan gambar (booting atau yang lain), artinya VGA anda tidak terpasang dengan benar atau VGA kotor.
Coba lepas VGA anda, bersihkan kipas dan heat spreadernya, bersihkan kaki²nya dengan karet penghapus lalu pasangkan kembali dengan benar.
Tapi kalau setelah ini terjadi dan setelah anda restart berulang², gambar tidak pernah muncul lagi di monitor, artinya VGA anda rusak atau jebol.

Penyebab  utama : Power Supply
Pada komponen power supply anda biasanya kerusakannya pada kapasitor/Kondensator Elco sudah lemah / menggelembung / kering, sehingga daya output yang dihasilkan tidak stabil, apabila CPU memerlukan daya yg tinggi akan menyebabkan komputer merestart atau mati mendadak.

Penyebab Kedua : RAM / Memori

Biasanya tidak langsung mati, tapi sering merestart sendiri dan kadang2 diikuti blue screen pada monitor, karena ada komponen IC pada memori yang sudah lemah/rusak.

Good luck…

Tentang planktonkecil

stmik bmp
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s